Rabu, 10 Juli 2013

Sejarah Joomla Dan Perkembangannya

Mengenal sejarah Joomla dan perkembangannya dalam dunia pembuatan website, Joomla merupakan perangkat lunak untuk manajemen konten web atau sering juga di sebut dengan CMS ( Content Management System ). Konten yang bisa di tangani Joomla antara lain publikasi web,  mengedit web, menghapus web dan lain-lain. CMS saat ini semakin populer kemudahan dalam menggunakannya.
Dahulu jika kita ingin membuat web, kita harus bersusah payah belajar bahasa pemrograman web seperti ASP, PHP, dan Java.  Dengan adanya CMS khususnya Joomla, orang awam dapat membuat web dengan  mudah dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak, antara lain Mamboo,  PHPNuke, AuraCMS dan masih banyak yang lainnya.
Joomla sebenarnya varian dari Mamboo. Perusahaan di Australia yang bernama MIRO membuat perangkat lunak Open Source CMS yang diberi nama Mamboo pada tahun 2001. Oleh karena Mamboo semakin populer, perusahaan Miro pada tahun 2002 membuat dua versi Mamboo yaitu MOS (Mamboo Open Source) untuk Open Source dan Mamboo CMS untuk komersil.
Sekitar bulan Agustus 2005 terjadi perpecahan MIRO sebagai pemegang
saham dengan pengembang (Programmer) Mamboo, sehingga pengembang Mamboo sekitar September 2005 membuat CMS Open Source sendiri yang di sebut Joomla. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata “Swahili” yang mengandung arti “kebersamaan“. Versi pertama adalah Joomla versi 1.0 diperkenalkan pada tanggal 16 September 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar