Rabu, 10 Juli 2013

MENGENAL SEJARAH GPS “GLOBAL POSITIONING SYSTEM”

KEMUNCULAN GPS PERTAMA KALI

Beberapa orang mempunyai ide di masa lampau dengan berpikir, bagaimana mengetahui keberadaan kita atau seseorang yang kita kenal dengan mengetahui lokasinya dimana dan apabila kita akan pergi ke suatu tempat yang tentunya memerlukan kejelasan lokasi tempat yang tepat.
Terkadang, hanya menyebutkan alamat suatu tempat, belum tentu kita menemukan posisi yang dimaksud oleh alamat tadi. Ataupun ada kesamaan alamat bisa terjadi pula. Sampai saat ini perkembangan teknologi berusaha menyederhanakan urutan suatu aplikasi teknologi, tetapi penyederhanaan prosespun terkadang merugikan kita juga.

Navigasi dan posisi keberadaan merupakan hal yang penting dalam berbagai aktifitas dan prosesnya sampai saat ini masih dianggap suatu hal yang rumit hal inilah tentunya salah satu yang mendasari munculnya GPS. Dan pada akhirnya Departemen Pertahanan Amerika Serikat  memutuskan bahwa militer mereka harus mempunyai suatu bentuk teknologi yang sangat teliti mengenai suatu posisi yang tepat dari suatu lokasi apapun yang ada di permukaan bumi ini. Kebetulan waktu itu mereka mempunyai dana segar sekitar 12 juta dollar, hal ini tentunya menjadikan pemikiran dan ide tentang tekhnologi ini bisa menjadi kenyataan dan tentunya untuk membangun suatu teknologi mutakhir yang lebih baik.

PENYEBAB DEPARTEMEN PERTAHANAN AS MEMBUAT SYSTEM GPS

Waktu itu ada perlombaan senjata dari ICBM,dan yang menarik perhatian adalah dalam hal menentukan lokasi tepat dari lokasi misil yang ditembakkan oleh musuh. Tentunya dengan mengetahui dengan mengetahui lokasi secara tepat, kita bisa menghancurkan musuh tersebut beserta seluruh perangkat persenjataan mereka.

Masalah tersebut tidaklah sulit untuk menemukan lokasinya dengan tekhnologi saat itu, apabila lokasi peluncuran senjata itu berada di darat, dimana waktu itu kebanyakan misil darat berasal dari UNISOVIET. Akan tetapi sebagian besar jenis senjata nuklir, ternyata ditembakan dari arah lautan. Tentunya untuk mempertahankan kekuasan amerika, mereka harus menemukan cara bagaimana menemukan posisi tepat, walaupun itu berada di tengah samudera yang luas dalam hitungan jam. Dan mereka menemukan Teknologi
 GLOBAL POSITIONING SYSTEM”. Atau disingkat GPS yang mana merupakan suatu system yang merubah system navigasi sampai saat ini.

Differential GPS merupakan suatu bentuk kerjasama dari dua receiver GPS, satu receiver GPS posisinya diam dan Receiver GPS lainnya bergerak menyusuri area yang akan dipetakan posisinya. Jadi satu receiver GPS merupakan Base station (reference GPS) dan receiver GPS lain menjadi Rover GPS. Dan perlu di ingat, untuk Differential GPS, tidak hanya terbatas menggunakan 2 receiver GPS saja, kita bisa menggunakan 3, 4 atau beberapa receiver GPS. Yang penting ada salah satu yang harus menjadi GPS reference / base station-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar