Kamis, 11 Juli 2013

Berners-Lee Pembuat WWW (World Wide Web)


Ketika World Wide Web dirilis tahun 1996 di saat Internet berada di kesadaran main stream dan banyak bisnis website yang tercantum di dalam banyak iklan di dunia maya.
Pada tahun 1999 hampir setiap negara memiliki sambungan ke dunia maya dan lebih dari setengah penduduk Amerika menggunakan Internet secara teratur dan pada kurun waktu itu 15% rumah tangga di Amerika serikat menggunakan komputer untuk mengakses banyak hal di dunia maya dan pada tahun 2000 perkembanganya telah mencapai 51%.
Sejarah Web bermula di European Laboratory for Particle Physics atau lebih dikenal dengan nama CERN di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss.
CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners Lee bersama peneliti dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang bisa memungkinkan para anggotanya di seluruh dunia yang tersebar agar bisa saling berbagi informasi serta menampilkan banyak informasi dunia maya dalam bentuk grafik Web Browser yang pertama dibuat olehnya dengan berbasiskan pada teks untuk menyatakan suatu link dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu bagi pengguna diharapkan mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.
Dan kebanyakan software tersebut diciptakan untuk operasional komputer yang menggunakan Sistem Operasi UNIX dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh pemakai komputer yang telah menggunakan Windows di saat software itu diciptakan Tetapi semua itu akan berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for Supercomputing Applications). Pada 1990, Berners-Lee ketika itu baru berusia 35 tahun mencoba berpikir ulang dan menjalankan kembali proyeknya Kali ini ia bekerja dengan sebuah mesin canggih yaitu komputer NeXT buatan Steve Jobs (pendiri Apple).
 
Kebetulan sekali komputer tersebut memiliki beberapa paduan perangkat keras dan perangkat lunak yang sangat tepat digunakan untuk menampilkan informasi secara visual
 
Pekerjaan selama beberapa bulan Berners-Lee disaat menulis ulang program komputernya dia menciptakan browser sejenis perangkat penjelajah internet di dalam keberhasilan pencapaian kerjanya. Ia juga membuat beberapa halaman web yang akan digunakan sebagai akses.
Ini adalah versi pertama dari World Wide Web nama yang dicetuskan sendiri oleh Berners-Lee dan biasa disingkat WWW pada saat dia merilisnya dan setelah menyelesaikan proyeknya dan sekarang dikenal di masyarakat sebagai WEB site

Tidak ada komentar:

Posting Komentar