Minggu, 07 Juli 2013

PENEMUAN KEYBOARD DAN MOUSE KOMPUTER




Saat kita menggunakan Komputer tentu 2 hal yang paling penting dan tidak dapat dilupakrlebih dan adalah penggunaan keybord dan mouse, Kita akan membahas tentang KEYBOARD Di deretan inilah seharusnya user atau juru ketik menempatkan jari-jarinya jika sedang tidak mengetik. terlebih dahulu Sebenarnya penciptaan keyboard komputer di belajar dari penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington dan Perusahaan Remington mengaplikasikannya pada komputer pada tahun 1964 dan perlu diketahui Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype) dan Keyboard yang kita kenal saat ini memiliki nama resmi Qwerty yang diambil dari enam huruf pertama pada home row.

Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai input dan output. home row adalah istilah untuk deretan kedua alfabet keyboard. Pada tombol keyboard dapat ditemukan huruf angka 0 – 9A – Z, a – z, tombol dan karakter khusus seperti : ` * ( ) _ – + = / , . ? : ; “ ~ @ # $ % ^ & ‘ \ | dan tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tuts. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tutsnya adalah 52 tuts. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Penciptaan keyboard sangat berpengaruh dari penciptaan mesin ketik,hal ini membuat pengait- pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut. Akhirnya Sholes menemukan cara untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan mengacak letak tombol-tombol alfabet pada mesin ketik seperti sekarang ini. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Setelah teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik dan sampai ke komputer, urutan acak alfabet tetap digunakan. Pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya, akibatnya para pengguna justru dapat mengetik dengan cepat. dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik maka Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah diketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas.

Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa yang sudah ketikkan. Selain itu, setiap karakter yang kita ketikkan langsung kita lihat pada kertas, berbeda dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau mengubah bentuk tulisan dan memperbaiki kesalahan ketikan. Sudah tentu mengapa hasil output keyboard lebih baik dari pada mesin ketik.


SEJARAH MOUSE

Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963 Penemu Mouse pertama. Selain mouse, yang pada mulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yang lain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karena kenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang dipilih. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu Y dan sumbu X.

Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda sensor YANG berada di dalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe
Trackball yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari dan populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC yang mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja.

 Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve irsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse dan jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris biru abu.


Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. perusahaan mouse terkemuka ini yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar